Friday, January 16, 2009

Tagged Under: , ,

Mengatasi Bayangan Hitam Pada Mata



Bayangan hitam di bawah mata merupakan salah satu faktor yang mampu mengurangi penampilan dan kesegaran wajah. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab, salah satunya pertanda Anda kurang tidur atau tengah menderita alergi.


Rona kehitaman di bawah mata, menurut ahli kesehatan, bisa juga pertanda gejala dari gangguan kesehatan serius. Terutama bila rona tersebut dibarengi dengan sakit radang tenggorokan atau demam.

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi biang keladi adanya bayangan hitam di bawah mata, salah satunya adalah:
  • 1. Akibat sinar matahari
Sinar matahari dapat menjadi penyebab adanya bayangan hitam di bawah mata, sebab area di bawah mata lebih cepat berubah menjadi gelap dibandingkan kulit lain di sekitar wajah.
  • 2. Kurang asupan nutrisi
Jika Anda kurang mengkonsumsi sayuran berwarna hijau tua, maka rona kehitaman di bawah mata Anda adalah tanda kalau Anda mungkin mengalami kekurangan nutrisi. Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan yang kaya akan antioksidan setiap hari.
  • 3. Kurang tidur
Jika semalam atau kemarin malam Anda begadang, maka lingkaran hitam di bawah mata akan menjadi penanda Anda kurang istirahat (tidur). Semakin lelah Anda, kulit wajah akan semakin memperlihatkan aliran darah di bawah mata. Sehingga corak kulit di bawah mata Anda akan terlihat kebiruan atau lebih gelap.
  • 4. Keturunan/genetik
Sayangnya, untuk sebagian orang, corak kehitaman di bawah mata sifatnya turun temurun atau genetik. Jika ibu Anda mengalaminya, bisa jadi Anda pun mendapatkannya.

Umumnya ini akibat adanya pembesaran pembuluh darah. Pengaruh tingginya jumlah darah yang terdapat di area tersebut, membuat kulit menjadi terlihat lebih gelap dibanding warna kulit di bagian wajah lainnya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi atau mengatasi warna gelap di bawah mata tersebut:

  • - Dengan produk kosmetik
Saat ini banyak produk kosmetik yang dapat membantu memutihkan rona hitam di bawah mata, tapi gunakan secara hati-hati dengan memperhatikan cara pemakaiannya.
  • - Cara tradisional
Rona hitam di bawah mata akibat mata lelah atau kurang tidur, bisa disegarkan dengan mengkompres mata dengan irisan ketimun atau tomat yang di tempelkan di mata.
  • - Tidur
Beristirahat atau tidur yang cukup selama 8 jam sehari, akan membantu Anda dalam menghilangkan rona kehitaman di bawah mata.
  • - Menghilangkan faktor pemicu
Menghilangkan atau meminimalisir penyebab timbulnya rona hitam tersebut. Pelajari apa faktor penyebab rona hitam di bawah mata Anda lalu sebisa mungkin menghindarinya.

Share

8 comments:

Ani said...

Waaah artikel di sini bagus2 !

Ronny Kongdoh said...

ya sering sy alami ada bayang hitam di bawah mata jk kurang tidur...
Thx atas tipsnya

tr1993r.m4ch1n3 said...

waduh.. klo aq sii bukan cuma dibawah mata doank yang item.. tapi juga seluruh badan... wkwkwk.. gmn neh..?? gak ada solusi yaak..?
itu mungkin karena faktor keturunan kalee yaa..? hufh.. tp, berusaha buat mensyukuri aja deh.. ora gelem macem2.. wkwkwk..
makasii.. kunjungannya..

tyas said...

timun mujarab banget tuh... menghilangkan efek 'panda' dengan segera.. :)

LDs said...

keasikan ngeblog jadi kurang tidur.. besoknya langsung deh mata berlingkar hitam.. thanks tips nya yah..

jetty said...

nice article.. thanks for sharing.. keep posting, sist..

melz.klik said...

nice article..biar hilang bayang2 mata, pake produk oriflame.dijamin deh..!klik aja:
www.oriflame.co.id
Pesen produk :
melz.klik@gmail.com

melz.klik said...

nice article..biar hilang bayang2 mata, pake produk oriflame.dijamin deh..!klik aja:
www.oriflame.co.id
Pesen produk :
melz.klik@gmail.com