Saturday, January 3, 2009

Langsing dengan Tidur yang Cukup

Wanita yang susah memejamkan mata di malam hari, memiliki resiko jadi bertambah gemuk bahkan hingga obesitas, demikian menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Cleveland.

Dalam studi panjang yang dilakukan pada wanita paruh baya, yang hanya tidur selama 5 jam atau kurang tiap malamnya, 35% dinyatakan lebih mudah naik berat badan (sekitar 15 kg) dan 15% berubah jadi obesitas selang waktu 16 tahun, dibanding dengan wanita yang tidur 7 jam tiap malam. Peningkat kenaikan berat badan sebesar ini - 15 kg - dinyatakan lebih rawan terkena diabetes atau sakit jantung, demikian ungkap Dr, Sanjay Patel dari Case Western Reserve University.

Sedang wanita yang tidur 6 jam tiap malamnya, 12% memiliki kemungkinan mengalami kenaikan berat badan, dan 6% hingga mengalami obesita. Wanita yang mengaku hanya memiliki jam tidur 5 jam atau kurang tiap malamnya, rata-rata, mulai bertambah berat badan kurang lebih 2 kg pada awal studi, dibanding dengan yang tidur cukup, hingga 7 jam setiap malamnya.

Setelah menghitung pengaruh usia dan kenaikan berat badan di awal penelitian, para wanita yang tidur 5 jam atau kurang pada masing-masing malam, bertambah berat badan hingga 1/2 kg atau lebih. Para wanita yang bisa terlelap selama 6 jam tiap malamnya, bertambah berat badan hingga kurang lebih 1 kg, jika dibanding dengan yang tidur cukup

Menurut Medical News Today, Dr. Patel mengatakan ia meyakini kalau orang-orang yang tidur nyenyak lebih dari waktu mereka terjaga - ini membantu mereka mengkonsumsi lebih banyak kalori. Demikian juga hormon-hormon cenderung tersentil sebagai akibat berapa banyak waktu yang kita gunakan gunakan untuk tidur - dan bukan itu saja, ini juga tergantung berapa banyak kalori yang kita bakar tiap harinya.

Untuk membuat tetap/jadi langsing, orang harus berfokus pada tiga faktor: Tidur memadai, kecukupan nutrisi, aktivitas fisik. Anda dapat menayakan pada pelatih olahraga, tentang rahasia fitness terbaik, dan mereka akan mengkombinasikan latihan yang bagus, pola makan dengan makanan terbaik dan tidur teratur.

"Pada titik ini kami tak mengerti kenapa kekurangan tidur memungkinkan kenaikan berat badan, tapi itu bisa terjadi karena mereka lebih lelah, wanita biasanya kurang melakukan latihan," ujar Dr, Patel. "Atau, kekurangan tidur bisa disebabkan perubahan rata-rata basal metabolisme."

Sumber: kapanlagi.com

6 comments:

langsing said...

terimakasih atas informainya, sya unggu info2 berikutny

langsing said...

infonya menarik

cantik langsing said...

Blog yang bagus...

tyas said...

hehe... tidurku 12 jam sehari.....

LDs said...

tidur cukup juga berefek pada cerahnya wajah saat kita bangun esok harinya....

jetty said...

nice article.. thanks for sharing.. keep posting, sist..